Home » , » Pengertian Data Warehouse

Pengertian Data Warehouse

Pengertian Data Warehouse - Data Warehouse adalah database yang berisi data dari beberapa sistem operasional yang terintgrasi dan terstruktur sehingga dapat digunakan untuk mendukung analisa dan proses pengambilan keputusan dalam bisnis.

Karakteristik Data Warehouse menurut Inmon

  1. Subject Oriented ( Berorientasi Objek) - data warehouse didesain untuk menganalisa data berdasarkan subjek - subjek tertentu dalam organisasi, bukan pada proses atau fungsi aplikasi tertentu.
  2. Integrated (Terintegrasi) - Data Warehouse dapat menyimpan data- data yang berasal dari sumber - sumber yang terpisah kedalam suatu format yang konsisten dan saling terintegrasi dengan yang lainnya.
  3. Time Variant (Rentang Waktu) - Seluruh data pada data warehouse dapat dikatakan akurat atau valid pada rentang waktu tertentu.
  4. Non Volatile - Data pada data warehouse tidak saling diupdate secara real time tetapi direfresh dari sitem operasional secara reguler.
Perbandingan Data Operasional dan Data Warehouse



Keuntungan data warehouse
  1. Data diorganisir dengan baik untuk query analisis dan sebagai bahan untuk pemrosesan.
  2. Perbedaan diantara struktur data yang heterogen pada beberapa sumber yang terpisah dapat diatasi.
  3. Aturan untuk transformasi data diterapkan untuk memvalidasi data apabila data dipindahkan database OLTP ke data warehouse.
  4. Masalah keamanan dan kinerja bisa dipecahkan tanpa perlu mengubah sistem produksi.

0 komentar :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © 2011. Pohon Tua Blogspot - All Rights Reserved
Template modify by Pohon Tua Blog
Proudly powered by Blogger